Sejarah Pantai Parangtritis - Bantul Yogyakarta

Wisata Pantai Parangtritis - Daerah Istimewa Yogyakarta

Assalamualaikum wr.wb, untuk kali ini saya akan merekomendasikan kalian tempat wisata yang ada di kota dan terkenal dengan banyak sejarah nya . Serta kota ini pun ialah tempat dimana salah satu tempat yang terkenal dengan tempat yang keramat dan mistis. Tempat ini juga selalu dikunjungi banyak wisatawan dari luar kota ataupun negara. Yogyakarta ialah kota yang menjadi pembicaraan saya kali ini, pastinya kalian tidak asing mendengar kata kota Yogyakarta yang ada di Jawa Tengah ini. Disana selain kotanya terkenal dengan tertibnya yogyakarta juga banyak tempat wisata yang indah dan bagus untuk dikunjungi. Nah, saya akan mengulas info tentang salah satu tempat wisata yang ada di kota Yogyakarta tersebut ialah Pantai Parangtritis. Baca terus postingan saya kali ini, semoga dapat menginspirasi kalian.

Sejarah Pantai Parangtritis

Wisata Pantai Parangtritis - Daerah Istimewa Yogyakarta

Di pantai ini sudah banyak sekali cerita yang membuat warga dan wisatawan takut untuk mengunjungi tempat tersebut karena cerita mitos yang ada dibalik nama Parangtritis. Menurut penuturan warga , dahulu ada seorang yang bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit. Terlihat ia sedang bersemedi, lalu ia melihat dari terdapat tetesan air terjatuh pada celah-celah batu karang. Dapat diterjemahkan dalam bahasa jawa , karang itu disebut juga dengan "paran", sedangkan tetesan air yang terjatuh tersebut biasa disebut dengan "tumatitis" dan terjadilah nama daerah dengan sebutan "Parangtritis". Selain itu juga masyarakat mempercayai bahwa Parangtritis adalah pintu gerbang kerajaan istana laut selatan yang merupakan daerah kekuasaan bagi Ratu Selatan yang dipimpin oleh Nyai Roro Kidul. Serta ada satu mitos lagi yang bahwa Nyai Roro Kidul menyukai warna hijau , oleh karena itu wisatawan dilarang untuk memakai baju warna hijau tersebut. Karena jika melanggar ia akan diambil oleh Nyai Roro Kidul untuk dijadikan prajurit di kerajaan istana laut selatan. Adanya mitos seperti itu pengunjung wajib menjaga diri masing-masing karena ombak yang terdapat dipantai selatan tersebut sangat besar. Tidak hanya kemistisan saja yang ada di parangtritis tetapi pemandangan yang ada di pantai tersebut sangat memikat hati pengunjung .

Lokasi Pantai Parangtritis
Pantai ini berlokasi jarak dari malioboro sekitar 28 km, lalu ambil jalan rute di jalan parangtritis, Bantul, Yogyakarta, Jawa Tengah. Bagi kalian yang ingin menikmati pemandangan yang berbeda, anda bisa ambil rute perjalanan yaitu lewat sisi sebelah tenggara kota jogja pemandangan yang cukup membuat anda puas melalui jalan Imogiri dan melewati desa siluk.


Wisata Pantai Parangtritis - Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Parangtritis
hanya 5 ribu saja , bila anda ingin mengabadikan moment kalian bersama keluarga disana juga terdapat tempat yang sudah tersedia. khusus anda yang ingin berselfie ria dan itu dikenakan biaya yang cukup murah hanya dengan 5 ribu saja anda bisa berselfie sepuasnya. Disana terdapat juga jika anda ingin mengitari pantai lalu anda lelah berjalan anda bisa menyewa andong yang dikenakan biaya 30 ribu saja untuk satu kali putaran. Anda juga bisa menyewa ATV dengan biaya 50 untuk selang waktu 30 menit.

Mungkin hanya itu saja yang saya informasikan ,  tempat ini cocok bagi kalian yang ingin menikmati keindahan di pantai selatan . Tunggu apalagi cepat kunjungi pantai tersebut abadikan dengan keluarga kalian . terimakasih sudah mengunjungi blok saya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Pantai Parangtritis - Bantul Yogyakarta"

Posting Komentar