Keindahan Monjali Yogyakarta - Jateng

Wisata Monjali Yogyakarta - Jawa tengah
Monjali ialah singkatan dari Monumen Jogja Kembali , tempat ini bisa dikatakan sebagai taman rekreasi dan bisa juga untuk bahan study tour bagi anak SMA atau kuliah. Disana terdapat peninggalan sejarah sejak pahlawan memperebutkan kemerdekaan. Dibangunnya Monumen ini untuk observasi atau penelitian dan bukti adanya perjuangan pahlawan terdahulu. 

Sejarah Monjali


Wisata Monjali Yogyakarta - Jawa tengah

 Monumen Jogja Kembali ini merupakan tempat penghormatan kepada pahlawan-pahlawan yang merebut kembali kemerdekaan dari penjajah belanda pada tanggal 1 Maret 1949 lalu. Pasukan TNI dibawah pimpinan Letkol Soeharto yang disetujui oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX melakukan serangan tiba-tiba di markas Belanda yang berpusat di kota Jogja.
Dalam hitungan jam TNI berhasil membuat pasukan Belanda mundur dan angkat tangan karena serangan yang dilakukan oleh TNI . Pada akhirnya Yogyakarta berhasil dirampas kembali oleh orang Indonesia dari tangan penjajah. Berita gembira ini dikabarkan kepada masyarakat indonesia dan juga Dunia hingga Dewan PBB mengetahui berita tersebut. Keberhasilan Indonesia mempertahankan kemerdekaan ini sudah diproklamirkan oleh Soekarno-Hatta. Dan untuk dewan PBB memaksa mengadakan perundingan yang dihadiri oleh 3 negara, tepatnya pada tanggal 27 desember 1949 belanda menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Rakyat Indonesia.
Bangunan Monjali ini tampak seperti piramid yang ada di mesir dengan diselingi beberapa lantai untuk menyimpan beberapa benda dan peninggalan sejarah dari pahlawan serta orang jogja terdahulu. Museum ini diresmikan oleh bapak presiden kedua kita yaitu Soeharto pada juli 1989, yang hingga sekarang mengalami perubahan dan perkembangan. Luas monumen ini sekitar 5 hektar dan sekitar 4 tahun lamanya membangun Monumen Jogja Kembali ini. Pada lantai dasar ini diisi dengan peninggalan sejarah seperti: mesin ketik terdahulu, telepon, dam beragam senjata yang dimiliki oleh pahlawan. Di lantai kedua juga terdapata patung-patung yang menyerupai pahlawan terdahului yang dilengkapi dengan pakaian yang dikenakannya, dan disana terdapat lukisan 2 dimensi yang menggambarkan perjuangan Indonesia. Lalu dilantai ketiga ini merupakan ruangan yang khusus untuk mendoakan para pahlawan yang gugur ,dan tempat ini disebut dengan Garbha Graha dimana bagian tengah ruangan ini terdapat bendera merah putih yang berkibar dan dibelakang juga terdapat tulisan bapak presiden kita yang kedua yaitu Soeharto.

Lokasi Monumen Jogja Kembali
Monumen ini berlokasi tidak jauh dari kota jogja arena yang harus kalian lalui ialah jalan Dusun Jongkang, Sariharjo, Kec.Sleman, DIY.  Untuk menuju ke monumen ini kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan yang tidak ribet untuk dijangkau.

Harga Tiket Dan Jam Buka
Harga Tiket yang dikenakan untuk semua kalangan : Rp.7.500,000
Jam Buka monumen 
hari selasa - jumat : 08.00-16.00
hari sabtu - minggu: 08.00-16.30
dan khusus hari senin Monumen akan ditutup atau libur.

Wisata Monjali Yogyakarta - Jawa tengah

 Untuk kalian yang ingin mengunjungi Wisata ini terdapat banyak tempat yang indah bagi kalian yang ingin berselfie ria dengan berbagai wahana yang tersedia disana, seperti lampu lampion, taman pelangi, dan lain-lain. Tempat ini cocok untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu liburmu di Monjali tersebut. Begitu kutipan info dari saya , apabila ada kesalahan mohon maaf . Semoga bermanfaat bagi kalian, dan terimakasih atas kunjungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Monjali Yogyakarta - Jateng"

Posting Komentar